Strangers

Kita nggak akan pernah tau akan bertemu siapa di masa depan, kadang kita bertemu orang-orang baru di suatu kondisi yang sama sekali nggak kita duga.

So it happened few months ago, somewhere in Bangkok. Setelah seharian jalan kaki, gue memutuskan untuk refleksi kaki. Maka gue memilih salah satu tempat yang menyediakan jasa pijat kaki, dengan banyak banget kursi dengan bantal-bantal yang terletak di pinggir jalan yang ramai.

Biasanya kalau lagi dipijat refleksi, nggak peduli betapa sakitnya, gue bakalan tidur, Dimanapun. Luar biasa, ya. Luar biasa kebo, maksudnya.

Woh, okay, balik lagi ke fokus. Jadi, gue duduk sambil berusaha memejamkan mata. Dan datanglah seorang laki-laki bule, setengah baya, dengan suara kencang. Mungkin dia udah biasa datang kesitu karena dia menyapa semua therapisnya dengan akrab. Dan kemudian dia duduk di samping gue.

Setelah duduk, dia menyapa dan akhirnya gue berkenalan dengan dia. Namanya David, dari Skotlandia, dan dia sekarang tinggal di Bangkok, menjadi guru yoga or something—gue lupa. Kami ngobrol beberapa saat. Well, itu dia aja sih yang banyak ngoceh, gue hanya mengangguk-angguk sambil mendengarkan. Sampai seteleh sekian menit kami ngobrol, kali ini membahas tentang apakah gue udah pernah ke eropa atau belum, dia tiba-tiba merubah intonasi suaranya, menjadi lebih pelan dan menatap mata gue tajam. Katanya,

It doesn’t matter where you have been. The important thing is, did you wake up this morning? It’s a blessing. Will you wake up tomorrow morning? If yes, that’s a second blessing.

Gue nggak bisa ngomong apa-apa selain tersenyum. Dia kemudian melanjutkan,

You are beautiful. Just stay positive, think positive, have a purity in mind, never say something negative. The beauty will always come from the inside.

Dan dia tersenyum. Dan gue balas tersenyum.

Di tengah-tengah begitu banyak masalah yang sedang gue hadapi, yang membuat gue menyumpahi hidup yang nggak mulus. Satu atau dua kalimat dari orang asing yang nggak kita kenal, bisa mengingatkan kembali bahwa banyak hal-hal lain yang patut gue syukuri dalam hidup ini.